Aplikasi LangitMusik: Oksigennya Pecinta Musik

Aku jadi menyadari bahwa segala suara-suara dapat menciptakan bahasa penuh makna. "Kartheiy Stockhausen"

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa musik sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Orang yang hatinya sedih bisa saja berubah menjadi senang hanya dengan mendengar musik tertentu. Bahkan sebaliknya, orang yang tadinya senang bisa menjadi sedih karena mendengar musik tertentu yang mengingatkan pada kenangan pahitnya di masalalu.

Jenis musik yang didengar setiap harinya, dapat mencerminkan perasaan seseorang. Karena kita sering mendengar musik tergantung dari mood yang sedang dirasakan. Orang sedih, senang, bahagia, kecewa, galau bakalan mempunyai selera musik tersendiri. Bahkan ketika jatuh cinta pun musik yang diputarkan mempunyai ciri khasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sebagai pecinta musik, banyak aplikasi yang membantu kita untuk mendengar musik kapanpun dan dimanapun sesuai suasana hati dan kebutuhan. Tetapi disini admin akan membahas tentang aplikasi baru buatan Indonesia, yaitu : "Aplikasi LangitMusik".

Mengenal Aplikasi LangitMusik

LangitMusik adalah aplikasi untuk streaming dan mengunduh lagu secara legal, dengan koleksi lebih dari 8.000.000 lagu lokal dan international dengan genre yang lengkap. Yang sangat menguntungkan bagi pengguna aplikasi langitmusik adalah streaming lagu tanpa memakan kuota hanya dengan bermodalkan kartu Telkomsel (Kartu Halo, Simpati maupun kartu As) untuk pendaftarannya secara gratis.

Bagi pengguna yang ingin unlimited download tanpa memakan kuota dan mengakses layanan premium lainnya di langitmusik, dapat beralih ke pengguna premium hanya bermodalkan Rp. 22.000/30 hari atau Rp. 6.600/7 hari. Masalah pembayaran sungguh sangat gampang, dari pihak langitmusik hanya akan memotong pulsa jika anda menggunakan versi premium. Cara berlangganan anda hanya perlu SMS "REG NEWLM" kirim ke 96161.

Jika tidak ingin menggunakan versi premium, anda tetap bisa streaming lebih dari 8.000.000 lagu tanpa memakan kuota hanya dengan login menggunakan No Telkomsel.

Fitur-Fitur Yang Menjadi Kelebihan Aplikasi LangitMusik

Banyak fitur-fitur aplikasi langit musik yang bisa diakses oleh pengguna. Tetapi disini admin hanya membahas fitur-fitur yang membuat nilai tambah bagi aplikasi langitmusik. Inilah beberapa fitur keren di langitmusik :
  • Streaming lebih 8.000.000 lagu tanpa menghabiskan kuota.
Fitur ini sangat membantu mahasiswa yang sering terkendala dengan keuangannya. Untuk menghemat kuota data, mahasiswa sangat dianjurkan menggunakan aplikasi ini ketika ingin mendegarkan 8.000.000 lebih pilihan lagu yang tidak mungkin disimpan pada smartphone. Pengguna bisa menggunakan fitur ini hanya dengan login menggunakan No Telkomsel.
  • Unlimited download
Pengguna premium dapat mengunduh sepuasnya lagu-lagu di langitmusik untuk diputarkan secara offline ketika suatu saat anda berada ditempat yang jaringan internetnya kurang bagus.
  • Trending
Pengguna dapat melihat 10 lagu yang lagi ngetrend di seluruh provinsi Indonesia.
  • Notification (Pemberitahuan)
Dengan fitur ini anda dapat melihat pemberitahuan jika ada lagu-lagu terbaru di langitmusik. Disini juga terdapat "share with me", yaitu pemberitahuan ketika ada teman-teman yang menggunakan aplikasi langitmusik membagikan playlist mereka. Juga tersedia "promos" yang berfungsi untuk memberitahukan ketika ada promo & info dari penyanyi favorit.
  • Fitur lirik lagu
Bagi anda yang suka mendengarkan musik sambil ikut bernyanyi, dengan fitur ini tidak usah takut lagi dengan salah dalam menyanyikannya. Karena aplikasi langitmusik menyediakan lirik untuk setiap lagu yang diputar.

Saran & Masukan

Semua aplikasi mesti membutuhkan saran dan masukan dari pengguna supaya ada perkembangan untuk pembaruan kedepannya. Begitu juga dengan aplikasi "langitmusik" menerima saran dan masukan dari pengguna yang bersifat membangun. Bukti aplikasi langitmusik sangat terbuka dengan saran dan masukan :

Respon yang cepat dari pihak langitmusik ketika saya mencoba memberi komentar di playstore. "Hii Arif, Terima kasih sudah menggunakan aplikasi langitmusik, jika ada lagu yang belum tersedia atau ada saran dan masukkan, kamu bisa email kami di cslm@melon.co.id .langitmusik, musikkan hidupmu :)". Itulah balasan dari pihak langit musik yang menunjukkan mereka sangat menerima saran dan masukan. Komentar-komentar dari pengguna lainnya pun mereka tanggapi dengan baik.

Saran & Masukan Saya
  • Di notifikasinya masih belum tersedia control playlist seperti "button next, before, play maupun pause". Semoga update kedepannya control playlist sudah tersedia.
  • Lagu yang disimpan tidak tersimpan di memory card. Lagunya tersimpan di memory internal sehingga jika banyak lagu yang disimpan dapat  mempengaruhi performa android.
  • Button searching keywordnya tersembunyi di list menu sebelah kiri. Yang ada di homepage button "CARI". Sehingga membuat pengguna salah paham. Pengguna beranggapan tidak bisa searching keyword di aplikasi langit musik.
  • Banyak yang memberi saran di playstore bahwa lagu di aplikasi langitmusik masih kurang lengkap. Baik dari segi lagu-lagu dengan bahasa daerah tertentu maupun lagu-lagu international.
  • Pada tanggal 24 Februari 2017, ketika admin lagi terbawa perasaan dengan musik yang diputarkan di langitmusik, tiba-tiba lagunya berhenti sendiri dan aplikasinya tidak bisa memutarkan lagu manapun. Padahal koneksinya lancar-lancar saja.

Itulah hal yang masih mengganggu admin sebagai pengguna setelah memakai aplikasi langitmusik. Semoga update kedepannya makin memanjakan pengguna untuk terus menggunakan aplikasi langitmusik. Untuk pembaruan kedepannya saya yakin aplikasi langitmusik bakalan jauh lebih baik dari sekarang sehingga bisa menjadi aplikasi andalan bagi pecinta musik Indonesia.

Sumber referensi tulisan :
http://www.langitmusik.com/
http://www.warungblogger.org/
https://www.google.co.id/
Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi LangitMusik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger.