Berbahagialah


Iman itu menghilangkan kegelisahan, dan menghapuskan kesedihan. Ia adalah teman orang-orang yang bertauhid, dan penghibur bagi orang-orang yang beribadah.

Ketahuilah, dengan berdzikir akan mewujudkan hati yang tenang, dosa-dosa akan dihapuskan, dan dengan zikir Allah SWT Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib akan meridhainya, dengan zikir pula segala kesedihan akan lenyap.

Tinggalkanlah masa depan hingga dia datang, dan jangan pikirkan hari esok karena jika anda memperbaiki hari ini niscaya hari esok anda akan menjadi lebih baik.

Semesta ini diciptakan dalam keteraturan dan kerapian, maka hendaknya anda teratur dan rapi dalam pakaian anda, rumah anda, kantor dan kewajiban anda.

Hendaknya anda sering berjalan dan berolahraga, serta jauhilah rasa malas dan keenganan, dan jauhilah kekosongan dan kesia-siaan.

Hiduplah bersama Al-Quran dengan menghafalnya, membacanya, mendengarkannya, dan mentadabburinya, karena Al-Quran adalah obat yang paling manjur untuk menghilangkan kesedihan dan kegelisahan.

Perbanyaklah istighfar, karena bersama istighfar itu terdapat rezeki, jalan keluar, keturunan, ilmu yang bermamfaat, dimudahkannya urusan, dan dihapuskannya dosa-dosa.

Merasa puaslah dengan bentuk tubuh anda, potensi anda, pendapatan anda, keluarga anda, dan rumah anda, niscaya anda akan peroleh kedamaian dan kebahagiaan.

Jauhilah berburuk sangka, buanglah kesedihan dan imajinasi yang buruk serta pemikiran-pemikiran yang sakit.

Kebanyakan yang ditakuti itu tidak terjadi, kebanyakan dari kesulitan yang pernah didengar itu tidak terbukti, dan kepada Allah SWT terdapat segala kecukupan, Dialah yang menjaga, dan kepada-Nyalah kita meminta pertolongan.

Jangan temani orang-orang yang pembenci, buruk perangainya, dan orang-orang yang senang hasad, karena mereka adalah penyakit berbahaya bagi ruh, dan mereka adalah para pembawa kegelisahan hati serta yang mengantarkan kepada kesedihan.

Jagalah agar anda bertakbiratul ihram dalam jamaah, sering berada di masjid, dan biasakanlah diri anda untuk segera shalat, niscaya anda akan menemukan kebahagiaan.

Hati-hatilah agar jangan sampai berbuat dosa, karena dosa itu sumber kegelisahan dan kesedihan, dosa itu pula yang menjadi sebab bagi segala bencan, musibah dan masalah.

Murnikanlah tauhid anda terhadap Rabb anda, niscaya hati anda akan merasa lapang, karena sesuai dengan kadar kejernihan tauhid anda, dan kemurnian keikhlasan anda, disitu pula terletak kebahagiaan anda.

Hendaknya anda bersikap dermawan, karena hati orang yang dermawan itu amat lapang, dan perasaannya tenang. Sedangkan orang yang bakhil itu dadanya merasa sesak, hatinya gelap, dan jiwanya kering.

Berwajah cerahlah kepada orang lain niscaya anda akan meraih cinta mereka, dan berkata lembutlah kepada mereka niscaya mereka akan mencintai anda, dan bersikap tawadhulah kepada mereka niscaya mereka akan memuliakan anda.

Bacalah dengan tekun zikir-zikir yang perlu dibaca pada momen-momen tertentu, karena hal itu akan menjadi penjaga dan benteng anda. Dan didalamnya juga terdapat kelurusan dan petunjuk yang dapat memperbaiki hari anda.

Yakinlah bahwa orang-orang yang anda pergauli, seperti saudara, anak, istri, kerabat, dan teman pastilah tidak ada yang bersih dari cela. Oleh karena itu, tanamkanlah tekad dalam diri anda untuk menerima semua orang dengan apa adanya.

Di antara pintu-pintu kebahagiaan terbesar adalah doa kedua orangtua, maka dapatkanlah doa keduanya dengan berbakti kepada keduanya, sehingga doa keduanya menjadi benteng yang teguh bagi anda terhadap semua hal yang buruk.
Dikutip dari buku berjudul "Berbahagialah" karangan Dr. Aidh Al-Qarni

Comments

Popular posts from this blog

Ketawadhuan Al-Imam Asy-Syafi'i Rahimahullah Dan Kebijaksanaan Ibunya

Aplikasi LangitMusik : Oksigennya Pecinta Musik

Bisikan Kedamaian Dari Kesunyian Malam

Kisah Sang Taman Hati

Situs yang harus diketahui oleh blogger