5 keistimewaan masjid al-Aqsa bagi umat Islam.

al-Aqsa

Halo sahabat Parsua, akhir-akhir ini lagi dihebohkan dengan berita-berita yang sangat menyedihkan bagi umat Islam. Berita tentang penutupan masjid al-Aqsa oleh negara israel (sengaja admin awalin dengan huruf kecil israelnya, karena sejatinya israel bukanlah sebuah negara) sempat menjadi topik hangat dibeberapa media-media seluruh dunia (media-media besar di Indonesia sepertinya tidak termasuk).

Seluruh Muslim didunia mengecam akan keputusan israel untuk melakukan penutupan tersebut. Bahkan juru bicara negara Yordania Mohammed Momani yang juga menjabat menteri informasi berkata dengan lantang "Yordania menolak serangan apa pun terhadap hak-hak orang Muslim. Bila Israel tetap melanggar, kami tak yakin apakah negara mereka bisa bertahan di peta dunia".

Lantas mengapa masjid al-Aqsa begitu istimewa bagi umat Islam ? Inilah beberapa keistimewaan mesjid al-Aqsa diantara mesjid-mesjid umum lainnya.

1. Masjid al-Aqsa kiblat utama umat Islam.

Semuanya tahu kiblat umat Islam sekarang adalah Ka'bah. Tetapi tidak semuanya tahu, sebelum berarah kiblat ke Ka'bah, umat Islam pernah berkiblat ke Baitul Maqdis (masjid al-Aqsa).

Seperti yang tercantum dalam surat al-Baqarah ayat 143 : "Dan Kami tidak menjadikan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi beberapa orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia."

Dari ayat diatas dapat kita simpulkan bahwa sebelum berarah kiblat ke Ka'bah, umat Islam pernah mengarah kiblat ketempat lain, yaitu Baitul Maqdis (masjid al-Aqsa).

Al-Barra bin 'Azib menyatakan: "Dulu kami shalat bersama Rasulullah SAW selama 16 bulan atau 17 bulan menghadap ke Baitul Maqdis. Lalu setalah itu kami shalat beralih menghadap Ka'bah." Riwayat Bukhari Muslim.

2. Salah satu masjid yang diabadikan namanya dalam Al-Quran.

Masjid al-Aqsa diabadikan namanya dalam Al-Quran di surat al-Isra' ayat 1.

3. Mesjid kedua yang dibangun di muka bumi.

Mesjid pertama dibangun adalah Masjidil Haram sebagiamana hadits shahih dibawah ini:

Abu Dzar al-Ghifari ra. Berkata: "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: "Wahai Rasulullah, masjid apakah yang pertama kali dibangun di muka bumi?" Beliau menjawab: "Masjid al-Haram". Lalu aku bertanya lagi: "Kemudian masjid apa lagi?" Beliau menjawab: "Masjid al-Aqsa". Aku bertanya lagi: "Berapa jarak pembangunan antara keduanya?" Beliau menjawab: "empat puluh tahun. Kemudian dimana saja kamu mendapati waktu shalat telah tiba, maka shalatlah (kamu disitu)". (hadits shahih diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Nasai dan Qazuwaini). Beberapa pendapat mengatakan masjid al-Aqsa dibangun 2.500 SM.

4. Mesjid Al-Aqsa tempat ziarah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak seyogyanya untuk bersusah payah melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga masjid : Masjid Al-Haram, Masjidku (Masjid Nabawi) ini, dan Masjid Al-Aqsa (HR Bukhari dan Muslim).

5. Sangat besar keutamaan shalat di mesjid Al-Aqsa.

"Shalat di Masjidil Haram dilipatgandakan pahalanya hingga 100 ribu kali lipat, sementara shalat di masjidku (Masjid Nabawi) dilipatgandakan 1.000 kali lipat, dan shalat di Masjidil Aqsa dilipat gandakan 500 kali lipat." (Diriwayatkan dalam at-Thabrani dan al-Bazzar).

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif anda sangat diharapkan.