Situs yang harus diketahui oleh blogger

situs wajib untuk blogger

Semakin hari, blogger di Indonesia semakin bertambah. Ada yang memulainya karena hobby menulis, suka berbagi ilmu dengan orang, bahkan banyak juga yang memulainya karena tertarik dengan penghasilan-penghasilan blogger yang sudah sukses.

Banyak diantara mereka yang berhenti di tengah jalan, karena setelah beberapa waktu menekuninya mereka baru sadar ternyata menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang dibayangkan.

Ada juga di antara mereka yang pantang menyerah dan terus berusaha hingga setelah beberapa bulan bisa jadi tahun, baru menikmati hasilnya.

Banyak hal yang harus dipelajari untuk sukses di dunia blogger. Dari sekian banyak hal-hal yang harus dipelajari menurut admin ada 2 hal yang lebih utama dipelajari.

1. Konten

Content is the king. Itulah kalimat yang admin dapat dari master of blogger. Untuk sukses di dunia blogger, konten lah yang pertama harus diperhatikan. Buatlah konten semenarik mungkin, sehingga pengunjung blog akan terus betah dengan situs yang anda kelola. Sehingga semakin bagus kontennya semakin besar pula traffic / pengunjung yang datang. TRAFFIC = MONEY.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Setelah anda berhasil memperbaiki konten-konten yang diposting. Maka hal selanjutnya yang harus dipelajari adalah SEO (Search Engine Optimization). Carilah pengetahuan sebanyak mungkin di Google tentang bagaimana caranya artikel-artikel yang anda posting bisa berada di pageone.

Ujung-ujungnya untuk mengejar pengunjung juga. Ingat lah selalu rumus sukses di dunia blogger. Traffic = Money. Kejarlah traffic setinggi mungkin dengan pengetahuan tentang SEO dan konten-konteng yang anda buat.

Sekarang beralih ke judul artikel ini. Situs yang harus diketahui oleh blogger. Situs-situs yang direkomendasikan di bawah berguna untuk meningkat SEO situs anda, juga untuk membuat artikel anda lebih menarik.

Inilah nama-nama situs beserta kegunaannya :

1. Pixabay

https://pixabay.com/ (link)

Situs pixabay berguna untuk mendapatkan foto / gambar / ilustrasi yang menarik juga legal untuk ditambahkan di artikel yang dibagikan.

2. Google Webmasters

https://www.google.com/webmasters/ (link)

Berguna untuk mengontrol situs anda. Juga untuk meningkatkan SEO. Dengan Google WebMaster kita dapat mengetahui informasi tentang pengunjung blog, keyword yang sering mengerahkan pada situs kita. Dan masih sangat banyak fungsi lainnya. Segera daftarkan situs anda di Google WebMaster.

3. Google Ping

http://blogsearch.google.com/ping (link)

Untuk memberitahukan update terbaru artikel di situs anda kepada Google sehingga membantu untuk berada di pageone.

4. Google Translete

https://translate.google.com (link)

Untuk membantu anda menerjemahkan artikel-artikel berbahasa Inggris untuk anda jadikan postingan.

5. Tool Google untuk mengetes struktur data situs.

https://search.google.com/structured-data/testing-tool (link)

Untuk melihat kesalahan-kesalahan struktur data situs. Semakin banyak kesalahan akan membuat situs semakin susah berada di pageone.

6. Copyscape

http://www.copyscape.com/ (link)

Untuk mendeteksi keaslian artikel. Mendeteksi artikel mana saja yang di duplikat orang dan artikel mana saja hasil dari yang anda duplikat dari orang. :D Semoga anda paham.

7. Spinner

https://www.spinrewriter.com/log-in (link)

Itulah spinner terbaik yang admin tau. Tapi sayangnya belum tersedia untuk bahasa Indonesia. Fungsi spinner untuk mengganti persamaan kata di artikel yang anda duplikat sehingga artikel yang diposting tetap dianggap murni oleh Google.

8. Testmysite

https://testmysite.thinkwithgoogle.com (link)

Fungsinya untuk mengetes apakah situs anda mobile friendly juga berapa persen kecepatannya.

9. Compress Image

https://compressnow.com (link)

Fungsinya untuk mengcompress foto/gambar yang akan dipasang di blog. Tujuan gambar dicompress adalah untuk mempercepat loading blog. Karena ukuran foto/gambar ideal yang diletakkan diblog berukuran tidak lebih dari 40 Kb.

10. flamingtext

http://www4.flamingtext.com/ (link)

Fungsinya untuk mendesain tulisan judul blog seperti tulisan-tulisan premium. Seperti logo tulisan Harry Poter, Coca Cola, Aqua dan logo tulisan premium lainnya.

11. http://www198.lunapic.com

Fungsinya untuk mengedit latar belakang background foto.

12. https://app.kwfinder.com/

Fungsinya : sebagai tool gratis untuk search keywoard.

13. https://www.semrush.com

Banyak fungsinya yang bermamfaat untuk riset keywoard, SEO, riset domain dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan buka sendiri.

14. samehadaku

https://www.samehadaku.net/ (link)

Inilah paling spesial. Fungsinya untuk mendownload anime-anime terbaik untuk mengatasi kebosanan anda ketika blogging :D.

Note : Situs - situs di atas hanya seberapa. Akan ada penambahan kedepannya.

Catatan Perjalanan Waktu Seorang Pengelana

catatan pengelana

By : Muhammad Arif
Based on true story

Untuk bunga indah dengan kemekarannya.
Yang selalu menjaga diri dari tangan-tangan jahil dengan duri yang kau miliki.
Salam hangat + hormat dari pemujamu disini.

Bila rindu sudah tak dihiraukan.
Itu sebuah pertanda, bahwa hidup tak selalu seperti yang anda pikirkan.
Yang perlu kau lakukan hanyalah terus menebar senyuman kebaikan.
Karena seorang bijak pernah berkata :
"Tak semuanya mampu kita pahami,
adakalanya yang mampu kita lakukan hanyalah menerima tanpa rasa benci".

Rindu yang tak bertuan, yang tak pernah memuaskan.
Angin malam ditengah kesejukan gunung es pun tak menggugah rasa itu.
Tiba-tiba saja hening meninggalkan ribuan suara beralih kesuara yang hanya ada dalam benaknya.

Di akhir cerita..
Ternyata ketenangan berteman kedamaian juga membawa kebahagiaan akhirnya menghampiri. Ternyata semua yang telah terlewati dengan kesenangan semu, terasa kosong bagaikan hari-hari yang berlalu tanpa mamfaat didalamnya.

Kedamaian yang datang kini walaupun terasa menggoda untuk menjauhinya pertama kali,
tapi perlahan mulai terbiasakan. Semoga keyakinan selalu berpihak padanya.
Hinga kebahagiaan akan terus setia menemani.

Hari-hari terlewati sekarang begitu banyak makna didalamnya.
Bahkan untuk merasakan kebahagiaan di dalam kesempitan cobaan,
dia hanya perlu memejamkan mata dan senyum kedamaian akan terukir otomatis dibibirnya. Hati yang penuh badai dunia pun akan tenang layaknya embun di keheningan fajar.

Semoga semakin hari semakin bening kedamaian di hati.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Big Data

bigdata security

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat telah menyebabkan aktivitas manusia tidak terlepas dari data. Setiap individu dapat membuat data dan mengirimkannya setiap detiknya. Hal ini menyebabkan data di jaringan bertambah secara massive (besar-besaran). Pertambahan data yang massive tersebut didominasi oleh data tidak terstruktur seperti teks, citra, audio, video, email, slide persentasi, animasi, dll. Data ini berasal dari berbagai macam sumber, misalnya dari jejaring sosial dan situs-situs portal berita. Bahkan penggunaan perangkat genggam untuk berkomunikasi sehari-hari membuat trafik data semakin membengkak. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penyimpanan sebesar petabyte bahkan exabyte kerapkali dijumpai.

Apa Itu Big Data ?

Jika diartikan langsung, big data adalah volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur.

Dalam pengertian teknis, big data didefinisikan sebagai sebuah problem yang terjadi ketika teknologi tradisional seperti relasional database tidak mampu untuk memberikan layanan. Big data mempunyai tiga karakteristik yaitu volume, velositas, dan variasi datanya. Peningkatan volume, velositas, dan variasi data diakibatkan oleh adopsi internet. Selain itu, peningkatan tersebut juga diakibatkan oleh penggunaan perangkat genggam untuk berkomunikasi sehari-hari. Setiap individu memproduksi konten atau paling tidak meninggalkan sidik jari digital yang berpotensi digunakan untuk hal-hal baru.

Beberapa prinsip dari big data adalah tidak membuang data apapun karena residu tersebut mungkin akan menjadi penting sejalannya waktu. Sedangkan untuk menghadapi variasi data yang tinggi, big data menciptakan struktur melalui ekstraksi, transformasi, tanpa harus membuang data mentah yang dimiliki.

Sejumlah data atau informasi dikatakan big data apabila memenuhi tiga karakteristik, antara lain :

1. Volume
Ciri ini menandakan bahwa ukuran dan kapasitas data tersebut besar dan memungkinkan selalu bertambah seiring dengan pertambahan waktu. Dengan data yang semakin besar merupakan tantangan bagi media penyimpanan.

2. Velocity
Pengolahan data maupun pemrosesan informasi memerlukan kecepatan (real time
processing).

3. Variety
Data atau informasi bervariasi jenisnya baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Data terstruktur adalah data yang mudah dianalisa menggunakan database relasional. Sedang data tidak terstruktur tidak bisa diolah menggunakan database relasional. Big data didominasi oleh data tidak terstruktur.

Mengenal Data Tidak Terstruktur

Salah satu tantangan dalam pengolahan big data adalah data tidak terstruktur dimana tidak memiliki hirarki relasional dan tidak cocok dengan database tradisional seperti Relational Database Management System (RDBMS). Beberapa karakteristik dari data tidak terstruktur, antara lain sebagai berikut :
  • Berisikan obyek atau dokumen baik ukuran maupun tipe datanya bebas.
  • Tidak terorganisir.
  • Organisasi dan informasi tidak konsisten.
  • Berisikan teks, image, audio, video, email dan persentasi powerpoint.
  • Data yang ditampilkan pada halaman web.
Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization)

Sejalan dengan adanya fenomena big data yang didominasi data tidak terstruktur, maka diperlukan sebuah teknik pencarian informasi (information retrieval) yang efisien. Teknik tersebut dinamakan dengan optimasi mesin pencari (search engine optimization).

Optimasi mesin pencari mengacu pada peningkatan kinerja mesin pencari dalam hal akurasi dan kecepatan. Tujuan dari optimasi mesin pencari adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Mesin pencari telah menjadi bagian yang paling dominan dalam hidup pengguna internet. Dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan akan optimasi mesin pencari (search engine optimization) juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Temu Kembali Informasi (Information Retrieval)

Temu kembali informasi merupakan bagian dari computer science yang berhubungan dengan pengambilan informasi dari dokumen-dokumen yang didasarkan pada isi dan konteks dari dokumen-dokumen itu sendiri.

Berdasarkan referensi dijelaskan bahwa temu kembali informasi (information retrieval) merupakan suatu pencarian informasi yang didasarkan pada suatu kata kunci yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada. Selain itu referensi lain menyebutkan bahwa temu kembali informasi merupakan studi tentang sistem pengindeksan, pencarian, dan mengingat data, khususnya teks atau bentuk tidak terstruktur lainnya.

Informasi atau data yang dicari dapat berupa berupa teks, image, audio, video dan lain-lain. Koleksi data teks yang dapat dijadikan sumber pencarian juga dapat berupa pesan teks, seperti e-mail, fax, dan dokumen berita, bahkan dokumen yang beredar di internet. Dengan jumlah dokumen koleksi yang besar sebagai sumber pencarian, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu user menemukan dokumen yang relevan dalam waktu yang singkat dan tepat.

Text Mining

Definisi dari text mining sudah sering diberikan oleh banyak ahli riset dan praktisi. Seperti halnya data mining, text mining adalah proses penemuan akan informasi yang sebelumnya tidak terungkap dengan memproses dan menganalisa data dalam jumlah besar.

Dalam menganalisa sebagian atau keseluruhan data teks tidak terstruktur, text mining mencoba untuk mengasosiasikan satu bagian teks dengan yang lainnya berdasarkan aturan-aturan tertentu. Hasil yang
diharapkan adalah informasi baru yang tidak terungkap jelas sebelumnya.

Seperti halnya data mining, text mining juga menghadapi masalah yang sama, termasuk jumlah data yang besar, dimensi yang tinggi, data dan struktur yang terus berubah. Berbeda dengan data mining yang utamanya memproses data terstruktur, data yang digunakan text mining pada umumnya dalam bentuk tidak terstruktur. Akibatnya, text mining mempunyai tantangan tambahan yang tidak ditemui di data mining, seperti struktur teks yang kompleks dan tidak lengkap, arti yang tidak jelas dan tidak standard, dan bahasa yang berbeda ditambah translasi yang tidak akurat.

Dikarenakan struktur data ditujukan agar mudah di proses komputer secara otomatis, preprocessing data di data mining jauh lebih mudah dilakukan daripada di text mining. Teks diciptakan bukan untuk digunakan oleh mesin, tapi untuk dikonsumsi manusia langsung. Text mining telah mengadopsi teknik yang digunakan di bidang natural language processing dan computational linguistics. Walaupun teknik di computational linguistics bisa dibilang maju dan cukup akurat untuk mengekstrak informasi, tujuan text mining bukan hanya mengekstrak informasi. Melainkan untuk menemukan pola dan informasi baru yang belum terungkap.

Mengenal Metode Klasterisasi

Klaster adalah suatu kumpulan objek atau data yg mimiliki kesamaan diantara mereka dan data yg tidak mmiliki kesamaan dimasukkan kedalam klaster lain.

Sedangkan klasterisasi proses pengelompokan objek atau data kedalam grup yang anggotanya memiliki kesamaan tertentu. Klasterisasi merupakan metode penganalisaan data, yang sering dimasukkan sebagai salah satu metode data mining, yang tujuannya adalah untuk mengelompokkan data dengan karakteristik yang sama ke suatu wilayah yang sama dan data dengan karakteristik yang berbeda ke wilayah yang lain.

Note : Tulisan diringkas dari jurnalnya Imam Marzuki dengan judul : "Temu Kembali Informasi Big Data Menggunakan K-Means Clustering".

Kalkulator Online Binary, Hexadecimal, Decimal, Octal & Character

belajar biner

Binaryhexconverter - http://www.binaryhexconverter.com/
Situs di atas sangat mudah digunakan untuk :
  • Konversi Binery ke Hexadecimal
  • Konversi Binery ke Decimal
  • Konversi Binery ke Character
  • Konversi Hexadecimal ke Binary
  • Konversi Hexadecimal ke Decimal
  • Konversi Decimal ke Hexadecimal
  • Konversi Decimal ke Octal
  • Konversi Decimal ke Binary
  • Konversi Character ke Binary
  • Konversi Character ke Decimal
  • Konversi Character ke Hexadecimal
Juga tersedia versi android. Semoga postingan ini memudahkan bagi yang sedang mempelajari sistem bilangan Binary, Hexadecimal, Decimal, Octal maupun character.

Cara mudah mengubah decimal ke binary adalah dengan membagikan 2. Contoh kasus bilangan decimal 10 diubah ke binary.

10 : 2 = 5 Sisa 0
5 : 2 = 2 Sisa 1
2 : 2 = 1 Sisa 0

Sisa bilangan akhir = 1
Maka diambil dari urutan bawah. Decimal 15 = 00001010.

Cara diatas mungkin akan sulit pembaca pahami, karena tujuan admin buat cara diatas adalah sebagai catatan bagi admin. Sedangkan khusus untuk pembaca jika ingin mengkonversi buka saja situs yang sudah dibagikan diatas. Jika ingin mempelajari cara-caranya maka searching di google. Karena banyak situs lain yang menjelaskan cara konversi dengan penjelasan yang jelas.