Proses Pembuatan SEO Secara Urut #Part 1

 



Setelah mengetahui tentang apa itu yang dimaksud dengan Search Engine Optimization atau SEO, kali ini akan diarahkan pada proses pembuatan SEO. Bagi para pemula yang bermain di Blogger atau website, mungkin cara ini cukup ampuh.

Seperti diketahui, terdapat sejumlah cara dalam pembuatan SEO. Mulai dari proses hingga teknis. Proses sendiri memakan waktu yang cukup lama dalam pembuatan SEO. Sebab, terdapat banyak tahap yang harus dilewati untuk bisa membuat SEO. Diantaranya adalah :

·         Keyword Reseacrh

·         On Page Optimization

·         Off Page Optimization

·         Monitoring atau Analysis


Proses Pembuatan SEO

Sebagai blogger, pastinya harus paham terkait dengan cara atau proses membuat SEO. Terdapat 4 proses yang akan dibahas satu persatu setiap tahap. Sehingga, pada tahap berikutnya akan membahas tentang proses selanjutnya, selanjutnya, dan selanjutnya.



·         Keyword Research

Kata kunci atau keyword merupakan proses utama dalam membuat SEO. Namun sebetulnya apasih keyword itu? Keyword adalah terjemah dari bahasa Inggris yang artinya kata kunci. Sedangkan dengan Keywod Research adalah sebuah riset yang dilakukan sebagai strategi SEO atau juga optimasi pada mesin pencari.

Contohnya, anda menulis sebuah kalimat “Reog Ponorogo”. Maka yang keluar dari penelusuran tersebut diantaranya seperti “Lahirnya Reog Ponorogo” kemudian “Reog Indonesia” dan masih banyak lagi.

Sehingga, kata kunci merupakan sebuah hal yang dicari oleh banyak user. Perlu diingat, jangan pernah sesekali memasukkan kata kunci yang sama sekali tidak ada orang yang mengetahuinya.

Sedangkan untuk mendapat banyak user yang mampir pada blog kita adalah menggunakan 2 cara. Pertama, masukkan semua keyword dalam excel. Kedua, cari jumlah keyword tersebut dalam perbulan.

Baca Juga : Cara Membuat SEO

Baca Juga : Tips Buat Halaman Berada di Page One

Baca Juga :  Jualan Sukses Bagi Pemula

Cara pertama tersebut adalah dengan menggunakan beberapa website atau di Google. Ubbersuggest atau Neil patel merupakan salah satu website yang menyediakan banyak keyword. Namun tidak se-spesifik yang diinginkan. Sedangkan dengan Google, biasanya terletak di paling bawah yang merupakan kata kunci rekomendasi.


o   Keyword Reserach ditinjau dari tujuan user

Terdapat 3 bagian dalam hal ini, yakni Informasional Keyword, Transaksional Keyword, dan Navigasi Keyword.

1.        Informational Keyword merupakan sebuah kata kunci yang menunjukkan sebuah informasi. Contohnya seperti “Cara Membuat........”, “Cara Membersihkan .......”, “Tips........” dan masih banyak lagi.


2.        Transaksional Keyword atau biasanya disebut dengan money keyword, merupakan sebuah kata kunci yang mana di dalamnya terdapat sebuah bisnis. Seperti “Jual ......”, “Beli......”, “Promo.....”, dan “Jasa......”.


3.        Navigational Keyword, dalam hal ini sudah dipastikan bahwa user langsung menuju ke website yang dituju. Misalkan, “Login Facebook”, “Plagiarsm Checker” dan masih banyak lagi.


o   Jenis Keyword

Selain dari peninjauan user, sebenarnya Keyword sendiri memiliki 2 jeni yang berbeda. Diantaranya adalah :

1.        Short Tail  : biasanya hanya tediri dari 2-3 kata. Misalnya adalah “Mie Ayam” atau “Mie Ayam Enak” atau “Mie Ayam Jakarta”.  

Kemudian jika dalam dunia marketing, contoh dari keyword short tail seperti “Jual Samsung” atau “Jual Casing Samsung”.



2.        Long Tail : biasanya terdiri dari 5-7 kata. Misalnya “Mie Ayam Enak Jakarta Bandung” atau “Mie Ayam Super Pedas Jakarta”.

Kemudian, apabila dianalogikan dalam dunia marketing, contoh dari keyword long tail ini seperti “Jual Samsung Galaxy S10 Murah” atau “Jual Casing Samsung Galaxy 10 Flip Case”.





Perbedaanya adalah, pada short tail akan memiliki jumlah user yang sangat banyak. Namun user masih melakukan pencarian pada keyword lainnya. Kedua, tidak adanya purchase intent dalam short tail atau kecenderungan untuk membeli produk. Kemudian persaingan yang sulit dikarenakan banyaknya user.

Sedangkan dengan long tail, pencari atau user lebih sedikit. Bahkan persaingan akan lebih mudah dan kemudian adanya purchase intent.


Demikian cara atau proses pembuatan SEO secara urut part #1. Semoga sedikit tulisan ini membantu para blogger atau pemain website. Di kemudian hari, mungkin akan dijelaskan bagaimana cara membuat keyword reserch. Maka dari itu, tetap pantau terus Glorif.Com dan #SalamHamdan.





Tidak ada komentar untuk "Proses Pembuatan SEO Secara Urut #Part 1"