Situs yang Perlu Diketahui oleh Blogger

situs wajib untuk blogger

Semakin hari, blogger di Indonesia semakin bertambah. Ada yang memulainya karena hobby menulis, suka berbagi ilmu dengan orang, bahkan banyak juga yang memulainya karena tertarik dengan penghasilan-penghasilan blogger yang sudah sukses.

Banyak diantara mereka yang berhenti di tengah jalan, karena setelah beberapa waktu menekuninya mereka baru sadar ternyata menghasilkan uang dari blog tidak semudah yang dibayangkan.

Ada juga di antara mereka yang pantang menyerah dan terus berusaha hingga setelah beberapa bulan bisa jadi tahun, baru menikmati hasilnya.

Banyak hal yang harus dipelajari untuk sukses di dunia blogger. Dari sekian banyak hal-hal yang harus dipelajari menurut admin ada 2 hal yang lebih utama dipelajari.

1. Konten

Content is the king. Itulah kalimat yang admin dapat dari master of blogger. Untuk sukses di dunia blogger, konten lah yang pertama harus diperhatikan. Buatlah konten semenarik mungkin, sehingga pengunjung blog akan terus betah dengan situs yang anda kelola. Sehingga semakin bagus kontennya semakin besar pula traffic / pengunjung yang datang. TRAFFIC = MONEY.

2. SEO (Search Engine Optimization)

Setelah anda berhasil memperbaiki konten-konten yang diposting. Maka hal selanjutnya yang harus dipelajari adalah SEO (Search Engine Optimization). Carilah pengetahuan sebanyak mungkin di Google tentang bagaimana caranya artikel-artikel yang anda posting bisa berada di pageone.

Ujung-ujungnya untuk mengejar pengunjung juga. Ingat lah selalu rumus sukses di dunia blogger. Traffic = Money. Kejarlah traffic setinggi mungkin dengan pengetahuan tentang SEO dan konten-konteng yang anda buat.

Sekarang beralih ke judul artikel ini. Situs yang harus diketahui oleh blogger. Situs-situs yang direkomendasikan di bawah berguna untuk meningkat SEO situs anda, juga untuk membuat artikel anda lebih menarik.

Inilah nama-nama situs beserta kegunaannya :

1. pixabay.com

Situs pixabay berguna untuk mendapatkan foto / gambar / ilustrasi yang menarik, berkualitas tinggi juga legal untuk ditambahkan di artikel yang dibagikan.

Lebih dari 1.120.000 gambar gratis berupa foto, vektor dan ilustrasi yang terdapat di situs ini.

2. google.com/webmasters

Berguna untuk mengontrol situs anda. Juga untuk meningkatkan SEO. Dengan Google WebMaster kita dapat mengetahui informasi tentang pengunjung blog, keyword yang sering mengerahkan pada situs kita. Dan masih sangat banyak fungsi lainnya. Segera daftarkan situs anda di Google WebMaster.

Bing Webmasters & Yahoo Webmasters juga diperlukan. Coba anda searching di Google, tentang bagaimana mendaftarkan blog ke Webmasters Google, Bing. Mesti bakalan ada ribuan artikel yang membahas tentang itu. Admin belum sempat menulis artikel tentang itu, makanya disaranin untuk searching di Google dengan keyword "Bagaimana mendaftarkan situs ke wWebmaster Google, Bing dan Yahoo ?".

3. search.google.com/structured-data/testing-tool

Untuk melihat kesalahan-kesalahan struktur data situs. Semakin banyak kesalahan akan membuat situs semakin susah berada di pageone.

4. copyscape.com

Untuk mendeteksi keaslian artikel. Mendeteksi artikel mana saja yang di duplikat orang dan artikel mana saja hasil dari yang anda duplikat dari orang. :D Semoga anda paham.

5. Spinner

Fungsi spinner untuk mengganti persamaan kata di artikel yang anda duplikat sehingga artikel yang diposting tetap dianggap murni oleh Google. Banyak situs-situs spinner yang disediakan gratis. Untuk menemukan situs-situsnya anda bisa seacrhing di Google dengan keyword spinner artikel

6. developers.google.com/speed/pagespeed/insights

Fungsinya untuk menilai persentase kecepatan situs anda di PC maupun mobile / smartphone. Disitu juga ada tutorial untuk memperbaiki masalah kecepatan situs anda.

7. Compress Image

Fungsinya untuk mengcompress foto/gambar yang akan dipasang di blog. Tujuan gambar dicompress adalah untuk mempercepat loading blog. Karena ukuran foto/gambar ideal yang diletakkan diblog berukuran tidak lebih dari 40 Kb.


Beberapa situs yang bisa anda gunakan untuk anda compress image adalah :

- smallseotools.com/image-compression
- websiteplanet.com/id/webtools/imagecompressor

8. app.kwfinder.com

Fungsinya : sebagai tool gratis untuk search keywoard.

9. semrush.com

Banyak fungsinya yang bermamfaat untuk riset keywoard, SEO, riset domain dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan buka sendiri.

10. analytics.google.com/analytics

Fungsinya untuk melihat segala aktivitas & perkembangan di blog anda.

11. smallseotools.com

Fungsi : Ada 100 lebih Tools gratis untuk meningkatkan SEO situs anda.

12. anoboy.org

Inilah paling spesial. Fungsinya untuk mendownload anime-anime terbaik untuk mengatasi kebosanan anda ketika blogging :D.

Note : Situs - situs di atas hanya seberapa. Akan ada penambahan kedepannya.

4 komentar untuk "Situs yang Perlu Diketahui oleh Blogger"

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermamfaat. Komentar yang membangun dan bersifat positif sangat diharapkan.